Categories
Edukasi

Aplikasi untuk Belajar di Kursus Bahasa Inggris Jakarta

Aplikasi untuk Belajar di Kursus Bahasa Inggris JakartaBagi Anda yang berprofesi sebagai pengajar, tingkatkan semangat belajar siswa melalui Edmodo, media sosialnya pendidikan sebagai sarana berkomunikasi dengan peserta didik atau mahasiswa. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pengajar, tingkatkan semangat belajar siswa melalui Edmodo, media sosialnya pendidikan sebagai sarana berkomunikasi dengan peserta didik atau mahasiswa.

Sayang, dibalik besarnya manfaat media sosial seperti Facebook dan Twitter, terdapat masalah lain yang tidak bisa diremehkan. Masalah ini bisa timbul dari terganggunya privasi guru/dosen dan muridnya yang bisa saja tidak menginginkan jika kehidupan pribadinya diketahui pihak lain. Di sisi lain, kontenkonten di media sosial tidak semuanya aman bagi anak di bawah umur. Salah-salah, bukannya mendapatkan hal yang positif, media sosial malah membuat anak-anak mendapatkan informasi yang tidak sesuai dengan usianya.

Sadar akan bahaya tersebut, dua pendiri Edmodo yang juga seorang pendidik, Nic Borg dan Jeff O’Hara membuat Edmodo pada 2008. Menurut mereka, di balik bahaya yang ada, media sosial mempunyai potensi yang luar biasa untuk dunia pendidikan. Apa itu Edmodo? Edmodo merupakan sebuah produk media yang mempertemuan teknologi dan pendidikan. Melalui Edmodo, siswa dan pengajar bisa melakukan komunikasi dengan aman dan mudah seperti halnya Facebook. Meski dari segi tampilan dan cara menggunakannya menyerupai Facebook, Edmodo tidak diciptakan untuk “bereksis ria”. Melainkan berupa kelas tambahan (virtual) yang memudahkan kegiatan belajar mengajar.

Saat pertama kali menggunakan Edmodo merupakan bagian yang menarik. Anda akan diberi pilihan untuk login sebagai Pengajar/Guru (Teacher), Siswa (Students), atau Orangtua (Parents). Tentu saja, semua jenis akun yang disediakan pada saat pendaftaran adalah gratis. Jika Anda mendaftar sebagai Guru, Anda diharuskan untuk memuat akun dan mengisikan alamat e-mail terlebih dahulu. Pada bagian Murid, Anda akan menjumpai hal yang tidak biasa. Kalau biasanya diperlukan akun pada sosial media, seorang murid tidak harus mempunyai akun untuk dapat menggunakan Edmodo.

Mereka hanya perlu memilih Username, berikut Group Code yang harus dimasukkan. Hal ini tentu saja merupakan hal yang bijaksana, mengingat selain mahasiswa, pengguna Edmodo juga bisa siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 1, bahkan Playgroup sekalipun. Hal ini tercantum dalam opsi ketika seorang Guru membuat kelas baru; akan ada grade atau tingkat pendidikan yang perlu dicantumkan. Lalu apakah Group Code itu? Group Code merupakan kode acak yang di-generate secara otomatis ketika seorang Guru membuka sebuah kelas virtual baru di Edmodo.

Bisa dibilang, Group Code ini menjadi sebuah kata sandi yang dibutuhkan seorang murid agar dapat bergabung di sebuah kelas. Dari bagian ini, sudah terlihat pola yang berbeda jika dibandingkan dengan Facebook. Seorang murid tidak harus terhubung menjadi teman atau “Friends” untuk dapat mengakses konten yang disiapkan oleh seorang Guru. Satu-satunya penghubung yang diperlukan adalah Group Code. Group Code ini menjadi solusi yang menarik, karena (tentu saja) seorang Guru akan direpotkan untuk melakukan konfirmasi peserta didiknya satu per satu, plus memeriksa apakah ada yang salah memasuki kelas virtualnya atau tidak.

Seorang Guru bisa saja menangani beberapa kelas virtual dengan kode yang berbeda-beda. Kode ini hanya perlu dimasukkan saat murid pertamakali bergabung di dalam kelas. Berbeda halnya jika Anda login sebagai Orangtua (Parents). Pada user berjenis Orangtua, Edmodo masih meminta persyaratan seperti permintaan alamat e-mail. Sedikit tambahan jika dibandingkan dengan akun Guru, akun Orang tua Edmodo membutuhkan kode yang bisa didapatkan dari akun si anak, dengan kata lain, orangtua tidak bisa bergabung di Edmodo jika anaknya belum bergabung terlebih dahulu pada sebuah kelas. Tujuan dari dibuatnya akun orangtua ini, agar orangtua bisa mengamati perkembangan anaknya, serta segala hal yang diberikan oleh guru, seperti tugas, modul, dan sebagainya. Feature-feature Edmodo Tentu saja, Edmodo bukanlah sekedar website untuk memposting status atau pengumuman, cukup banyak feature yang sangat berbeda dan cocok untuk pendidikan, jika dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Feature-feature yang ada, meliputi Note, Assignment, Quiz, dan Poll. Berikut ini penjelasan masingmasing feature tersebut. 1. Note Sesuai namanya, Note biasa digunakan untuk memposting informasi. Informasi yang digunakan bisa saja termasuk ke dalam pengumuman, petunjuk untuk mengunduh modul dari Library seorang Guru, atau sekedar sapaan kepada para murid yang baru masuk ke dalam kelas virtual. Untuk memposting Note, Guru wajib memilih salah satu kelas virtual yang diinginkannya, atau beberapa sekaligus. Akan tetapi, jika Guru mempostingkan sumber seperti modul dalam format file Word, slide presentasi, ataupun petunjuk dalam bentuk image, sangat disarankan agar meng-upload nya ke Library terlebih dahulu. Keuntungan dengan menggunakan Library adalah Guru dapat membagikannya untuk kelas lain di kesempatan yang berbeda, tanpa harus mengunggah untuk kedua kali.

Selain menghemat bandwidth dan kuota, file-file di Library bisa dicari dengan mudah jika ingin digunakan di semester atau tahun pelajaran berikutnya. 2. Assignment Assignment atau tugas sudah pasti merupakan hal yang umum ada di setiap kelas dan pelajaran. Seorang Guru yang mempunyai akun Edmodo juga bisa memposting sebuah tugas dengan memanfaatkan feature khusus yang satu ini. Feature yang disediakan meliputi pengaturan due date dan juga notifikasi siswa yang sudah dan belum mengumpulkan tugas. Pengaturan due date bahkan bisa membantu Guru dalam mencatat siapa saja yang terlambat mengumpulkan tugas dengan memberikan info “Late”. Selain itu, terdapat juga feature untuk menghentikan kesempatan mengumpulkan jika sudah lewat batas waktu yang ditentukan.

3. Quiz Membuat Quiz atau tes di Edmodo? Kenapa tidak? Inilah feature spesial berikutnya yang disediakan oleh Edmodo. Di sini, seorang Guru bisa membuat Quiz untuk dikerjakan oleh siswa secara langsung melalui komputer masing-masing. Untuk keperluan kuis, Edmodo menyediakan berbagai macam pertanyaan populer seperti Pilihan Ganda, Essai, Melengkapi Jawaban, Benar/Salah, juga Menjodohkan jawaban. Feature ini juga sangat membantu guru dan dosen dalam hal koreksi, karena skor akan dihitung secara otomatis. Peserta dapat melihat hasil yang mereka peroleh secara langsung beserta dengan review jawaban yang ada. 4. Poll Perlu angket untuk menentukan topik tambahan yang ingin dipilih, atau lokasi untuk kuliah lapangan? Untuk keperluan yang satu ini, Anda bisa menggunakan feature Poll.

Sama seperti quiz, Poll dapat dibuat dengan menentukan pilihan satu dan dua. Jika diperlukan, Guru juga bisa menambahkan pilihan jawaban tambahan. Edmodo Spotlight Selain feature utama yang disebutkan di atas, terdapat beberapa keunggulan sarana pembelajaran lain yang ditawarkan Edmodo. Tak hanya feature Library yang sempat disinggung, ada pula feature yang bernama Spotlight, yang terletak di panel bagian atas layar. Feature yang masih berada dalam tahap Beta ini bisa dimanfaatkan pengajar sebagai sumber tambahan untuk menambah ilmu maupun bahan pengajaran.

Meski ada yang berbayar, beberapa materi ditawarkan secara gratis oleh orang lain. Jika Anda inginkan, Anda tidak hanya bisa mendapatkan saja, materi buatan Anda yang menarik dan cocok digunakan oleh orang lain, Anda bisa juga meng-uploadnya, termasuk menentukan nominal tertentu yang harus dibayarkan oleh pengguna yang men-download materi yang Anda buat. Agar dapat mengkomersilkan modul atau materi yang telah Anda buat, Anda perlu memiliki akun Paypal atau Dwolla. Menariknya lagi, Edmodo memberikan kemudahan dengan laporan yang user-friendly terkait dengan penjualan bahan ajar yang Anda upload

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *